Kecerdasan Buatan “Artificial Intelligence”

Pengertian Kecerdasan Buatan

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah sesuatu buatan/tiruan yang cerdas. Cerdasnya yakni kepandaiannya dalam berfikir selayaknya seperti manusia dalam menyelesaikan suatu masalah, mengambil keputusan dan melakukan tindakan. Pada system ini pengetahuannya berasal dari pengetahuan manusia dan sumber penambahan informasi lain seperti buku, dokumentasi, dan data-data refensi yang mendukung  pada basis pengetahuan AI

Tujuan dari kecerdasan buatan :

  1. Membuat mesin menjadi lebih pintar
  2. Memahami apa itu kecerdasan
  3. Membuat mesin lebih bermanfaat

Sejarah Kecerdasan Buatan

  • Di awali pada abad 17 (Rene Descartes) mengetakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan mesin-mesin rumit.
  • Pada abad 19 Charles Babbage dan Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanisme yang dapat di program
  • Tahun 1943 Warren dan Walter Pitts menerbitkan “kalkulus logis gagasan yang tetap ada dalam aktivitas”. à meletakkan pondasi awal untuk jaringan syaraf.

  • Tahun 1951 menjalankan mesin feranti mark I di university of Manchester yaitu dengan permainan naskah dan permainan catur
  • Tahun 1956 John Mc Carthy membuat istilah “kecerdasan buatan” pada konferensi pertama dengan bahasa LISP. Dan Alan Turing memperkenalkan “Turing Test” sebagai cara mengoperasikan test prilaku cerdas.
  • Tahun 1970-an Ted Shortliffle mendemostrasikan kekuatan system dengan aturan dan pengetahuan dalam diagnose dan terapi medis yang diyakini sebagai system pakar pertama. Serta Hans mengembangkan kendaraan terkendali oleh computer untuk mengatasi jalan yang terdapat rintangannya.

Jenis-jenis Kecerdasan Buatan

  • System pakar (expert system) : computer sebagai sarana pengetahuan para pakar dalam pengambilan keputusan dan seolah-olah bertindak sebagai pakar dengan keahlian dan pengetahuannya.
  • Pengolahan bahasa alami (natural language processing) yakni user dapat berkomunikasi dengan computer menggunakan bahasa sehari-hari selayaknya berkomunikasi dengan manusia. Misalnya : bahasa inggris, mandarin, Indonesia, dll.
  • Pengenalan ucapan (speech recognition) manusia dapat berkomunikasi dengan computer menggunakan suara.
  • Robotika dan sistem sensor
  • Computer vision, menginterpresikan gambar dan objek tampak melalui computer
  • Game playing
  • Intelligent computer – aided instruction : computer dapat digunakan sebagai  tutor yang dapat melatih dan mengajar.
  • Soft computing : system cerdas yang memiliki keahlian seperti manusia. Metodologi-metodologi yang digunakan pada soft computing: Logika fuzzy, Jaringan syaraf tiruan, Probabilistic reasoning, Algoritma genetika.

1.4   Algoritma Beserta Penerapannya

  1. Algoritma Pohon n-ary (tree) : Algoritma yag terdiri dari node-node yang berupa induk dan anak, yang dilakukan melalui pencarian jarak tercepat atau terpendek dalam menyelesaikan masalah. Contoh penerapannya pada game playing seperti tic tac toe.
  2. Algoritma forward chaining : Yakni bagaimana cara menyusun aturan terdiri dari beberapa premis dan konklusi dari beberapa fakta yang kemudian dihasilkan sebuah solusi. Penerapannya pada  : system diagnose keadaaan bayi dalam kandungan
  3. Algoritma genetika : Algoritma yang memanfaatkan proses seleksi alamiah dengan proses evolus kemudian proses pencarian dengan pencarian dilakukan secara acak. Penerapannya pada gen sebuah populasi baru
  4. Algoritma Bayesian : Biasanya di gunakan pada system jaringan saraf tiruan

 

3 thoughts on “Kecerdasan Buatan “Artificial Intelligence”

  1. I love your blog, you should add instructions for the RSS feed feature so I can get automatic notifications of new blogs. If you can help me set it up please email me! Ii will bookmark you for now. Again Excellent Blog!

  2. Pingback: Artificial Intelegence | windadeborah

  3. Tulisan yg keren terkait hosting & online shop ini luar biasa bagus.
    Bagus banget & bermanfaat banget. Siapa aja
    yang make ataupun sedang cari layanan webhosting murah di Indonesia &
    olshop harus baca ulasan ini. Monggo mampir juga website saya ya min, banyak tulisan menarik
    yg mungkin bermanfaat bagi para pemakai jasa hosting.
    Makasih.

Leave a comment