Software & Software Engineering

Pengertian  Software

Software atau yang sering disebut perang lunak adalah suatu program atau instruksi ketika kita menjalankanya akan dilaksanakan fitur, fungsi, dan suatu performansi yang kita inginkan. Dengan kata lain, software merupakan sebuah program yang membuat komputer mengerjakan tugas tertentu. Software terdiri dari urutan perintah untuk mengubah status hardware. Perintah-perintah tersebut menjadi penghubung antara data dengan perangkat keras atau hardware.

Pengertian Software Engineering

Software engineering  atau rekayasa perangkat lunak merupakan ilmu yang mempelajari sistematika pembuatan, development, operasi, dan maintenance dari sebuah software. Atau ilmu yang mencakup segala sluruh aspek pembuatan sistem dari analisa kebutuhan, perancangan, pembuatan, pengujian hingga perbaikan.

Jenis-Jenis Software

1. Jenis Software Menurut Tipe/Macamnya

Berdasarkan tipenya software di golongkan menjadi :

  • Software sistem / system software : Berfungsi untuk mengendalikan dan mendukung system computer dan aktivitas pengolahan informasi. Software system mengfasilitasi pengmograman, pencarian, pengujian, perbaikan kesalahan dalam computer.  Contoh: sistem operasi (Microsoft Window 95-98, Microsoft XP, Novell, Linux, Unix,Macintosh), driver (VGA driver, USB driver, Printer Driver).

  • Software pemograman / bahasa pemograman : Berfungsi menyediakan alat untuk membuat software aplikasi. Software pemrograman terdiri dari editor tempat mengetikkan perintah-perintah bahasa pemrograman, compiler, interpreter, debugger dan fasilitas lain yang berbeda dari satu software pemrograman dan yang lainnya.
  • Software aplikasi / application software : Software yang dibangun untuk menyelesaikan tugas khusus. Aplikasi biasanya digunakan untuk otomasi pada industri, untuk keperluan bisnis, untuk keperluan pendidikan, untuk keperluan kesehatan, untuk pengolahan data pada database dan untuk hiburan. Penggunaan software aplikasi terbesar adalah pada bidang bisnis. Hal lain yang diotomasi pada umumnya menggunakan software aplikasi.

Semua tipe software dibangun dari bahasa pemrograman untuk tujuan yang berbeda, namun demikian setiap software harus dijalankan pada komputer dan dan didukung oleh software sistem yaitu sistem operasi. Tanpa sistem operasi software lain tidak dapat menjalankan fungsinya karena software sistem menjembatani antara hardware dan software lainnya yang dijalankan pada komputer.

2. Jenis Software Menurut Lisensi

Berdasarkan lisensi software dibedakan menjadi :

  1. Software komersial (non free software) yakni software di jual dalam pasaran. Pengguna software ini harus membeli izin menggunakan dan tidak di izinkan untuk mengubah , menggandakan, mendistribusikan.Ada juga software yang termasuk komersial teteapi pengguna dapat menggunakan tanpa biaya di sebut dengan freeware. Ada pula shareware yakni jenis software komersial tetapi mengijinkan pengguna menggunakan software tersebut dalam jangka waktu tertentu untuk mencoba, dan setelah waktu yang ditetapkan habis pengguna harus membelinya.
  2. Free Software yakni software dalam jenis ini sering di kenal dengan open source karena penggunanya berdasarkan lisensi open source. Lisensi ini dikeluarkan oleh free software foundation, biasanya di beri nama GNU General Public Licence yang di singkat GNU GPL. Pengguna mempunyai hak untuk menggunakannya, mengubahnya dan mendistribusikan secara bebas.

Sejarah Perkembangan Software

Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi beberapa era yaitu :

  1. Era Pemula (Pioneer) : Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
  2. Era Stabil : Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan oleh beebrapa kalangan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Banyak proses yang dilakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
  3. Era Mikro : Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal, dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
  4. Era Modern : Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.

Adapun perkembangan software di antaranya :

  • 1956: Jhon Bachus dan tim IBMnya menciptakan fortran dengan bahasa pemprograman tingkat tinggi.
  • 1960: LISP meluncurkan model bahasa komputer untuk menulis program tiruan.
  • 1965: Orientasi bahasa benda dengan perakitan tambahan dengan simulasi, ditulis oleh Kristen Nygaard dan Ole John Dahl.
  • 1969: Bill Gates & Paul Allen menyebutnya dengan “lake side programming group”.
  • Ø  1975: Paul Allen di dalam suratnya, Bill Gates menggunakan nama “micro-soft” menyerahkan kepada rekan kerjanya.
  •  1976: Untuk pertama kali microsoft di kembangkan, “the legend of micro-kid”.
  • 1977: Pemerintahan US mengadopsi data standar IBM, untuk membuka kode kunci pesan dan ntuk melindungi rahasia agensi mereka.
  • 1978: Microsoft mengumumkan produk ketiganya, MICROSOTF COBOL-80 dijual seharga 1 juta dolar US.
  • 1979: Micosoft mengumumkan, MICROSOFT BASIC untuk 8086 16 bit micropocessors.
  • 1981: IBM memperkenalkan personal computer dengan penggunaan Microsoft 19 bit operting system,MS DOS 1.0,plus Microsoft BASIC, COBOL, PASCAL, dan produk Microsoft lainnya.
  • 1983: Microsoft memperkenalkan word processing program,Microsoft word for MS DOS 1.00 .
  • 1989:Maxis memproduksi video game ,dengan kelas baru untuk pendidikan dan hiburan.
  • 1995: Windows 95 ships.
  • 1997: Deep blue defeats world chess champion.
  • 1998: Windows 98
  • 2000: Windows 2000
  • 2001: Windows XP
  • 2006: Windows Vista

One thought on “Software & Software Engineering

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s