Produk Yang Bagus Adalah Produk Yang Mau Digunakan Oleh Penciptanya

niccolo-brogi-1024x499

Artikel ini ditulis oleh Niccolo Brogi, ia adalah seorang web designer dan juga seorang konsultan. Informasi lebih lanjut anda bisa mengunjungi website-nya.

Dogfooding – artinya adalah anda menggunakan produk ciptaan anda sendiri – istilah ini sangat terkenal di dunia software (walaupun istilah ini juga bisa diterapkan pada semua jenis produk, seperti yang saya jelaskan di bawah ini).

Saya percaya keuntungan dari dogfooding tidak hanya khusus pada software, tapi juga bisa diterapkan pada produk apapun yang sedang anda ciptakan.

Keuntungan dari dogfooding

Ada banyak keuntungan pada dogfooding. Ada beberapa keuntungan yang menurut saya paling penting. Ini saya dapatkan dari pengalaman dan hasil pembicaraan kepada beberapa orang yang juga membangun produk.

1. Membuat anda mencoba lebih keras lagi

Saya percaya bahwa dogfooding bisa membantu anda untuk mencoba lebih keras lagi: jika anda tahu teman dan keluarga anda akan menggunakannya, anda pasti akan sungguh-sungguh dalam mengerjakannya supaya anda tidak mengecewakan mereka.

Hal ini sangat jauh berbeda ketika anda memikirkan untuk menciptakan sesuatu untuk seseorang di luar sana. Menciptakan sesuatu untuk digunakan teman dan keluarga anda sangat berbeda dengan menciptakan sesuatu untuk digunakan oleh orang lain.

2. Membantu anda membuat produk yang lebih baik

Menggunakan produk anda sendiri memungkinkan anda untuk meningkatkan kualitas danusability sejak awal produk ini dikembangkan. Ini bisa membantu anda menemukan masalah dengan lebih cepat, dan menemukan fitur-fitur yang mungkin tidak berguna agar anda bisa segera menghapusnya dan meningkatkan fitur yang sudah ada.

Kurang lebih beginilah prosesnya:

  • Orang membeli produk
  • Mereka tidak suka dengan fiturnya
  • Lalu mereka menghubungi contact support
  • Jika ada 2.000 orang yang melakukannya, sebuah memo akan datang ke meja kerja anda
  • Lalu anda merilis the next version dari produk anda yang berisikan perbaikan. Anda hanya melakukan ini jika perbaikan ini anda anggap penting

Versus:

  • Anda menggunakan produk anda setiap hari
  • Namun ada sesuatu yang membuat anda tidak senang dan frustasi
  • Anda segera memperbaikinya karena ini membuat anda kesal dan anda tidak ingin ada orang lain yang melihatnya

3. Baik untuk dipublikasikan

Tentu saja, menggunakan produk anda sendiri bisa menunjukkan kepada orang lain bahwa anda percaya dengan projek ini dan anda melakukan hal yang terbaik untuk merealisasikannya.

Maksud saya di sini adalah jika saja anda tidak menggunakannya, atau merekomendasikannya ke teman dan keluarga anda, itu berarti anda tahu bahwa anda tidak bekerja dengan baik.

Produk yang bagus adalah produk yang anda rekomendasikan kepada teman dan keluarga anda (saya pikir Steve Jobs juga mengatakan hal ini)

Kesimpulan

Saat ini saya sedang mengerjakan produk saya sendiri selama satu tahun ini. Sebenarnya, saya sudah ingin mengerjakannya lebih dari lima tahun yang lalu, dan perasaan saya sekarang sangat luar biasa senang karena produk saya sudah hampir siap.

Selama beberapa bulan awal ketika saya mengerjakannya, saya terus nge-blog untuk merekamprogress saya. Dari yang awalnya tidak bisa dipakai sama sekali, saya sudah mulai menggunakannya dan menulisnya.

Jadi, jika produk anda ingin digunakan oleh orang lain, coba gunakan produk anda terlebih dahulu sebelum meminta orang lain untuk menggunakannya.

sumber : http://startupbisnis.com/produk-yang-bagus-adalah-produk-yang-mau-digunakan-oleh-penciptanya/

 

Leave a Reply

