Tips Menjelang Pernikahan

1420552_677161368981700_636326631_n

hay kawand,,, bagaimana kabarnya semua?? semoga kita semua sehat. aamiin,,, hmm,,, gak terasa saya sudah 6 bulan tidak posting sama sekali. oke langsung saja saya akan berbagi kesibukan saya yang menjadikan kreasi menulis saya ke pending… hehehe🙂

Apa yang anda rasakan ketika anda menunggu sebuah pengumuman? baik pengumuman PNS, kerja, lulusan sekolah, beasiswa, kompetisi, dan lain sejenisnya? Nah rasa yang sangat tidak nyaman, gelisah, gugup, gundah alias GALAU itu, sama halnya dengan detik” sebelum ijab qobul. Apalagi cowok? pastinya gugupnya luar biasa, berlipat kali dari yang cewek. Biasanya kawand, sebelum acara pernikahan digelar pasti ada aja cobaan atau sesuatu hal yang tidak kita harapkan. Maka dari itu saya akan berbagi sedikit tips dan motivasi buat sobat semua yang akan melangsungkan acara pernikahan nih…

1. Positive Thinking, yang satu ini memang berat. Tapi dengan anda berbaik sangka kepada Allah SWT itu akan membuat kondisi anda tenang, kita percaya bahwa Allah punya ketentuan dan kehendak yang terbaik buat kita semua. apapun cobaan dan halangan anda sebelum menikah jangan dijadikan beban. pasrahkan dan terus berdoa.

2. Jangan Mudah Terpengaruh, biasanya calon pengantin sangat sensitif.  ada sesuatu hal kecil bisa jadi besar ketika kita terpenggaruh oleh lingkungan, perkataan atau sesuatu yang mengikat. Kita percayakan bahwa akan baik-baik saja. ketika anda terpenggaruh bisa jadi anda tidak fokus lagi dan akan mudah runtuh. Seorang calon pengantin harus tetap percaya diri, optimis dan mentalnya harus kuat dalam menghadapi segala hal.

3. Tinggalkan Keraguan, segea sesuatu yang membuat anda ragu, sebaiknya anda tinggalkan. sudah dijelaskan dalam sebuah hadist bahwa yang ragu-ragu tinggalkan. Keraguan disini diartikan keraguan dalam berbagai hal, misalnya adat, keinginan pasangan, pertantangan keluarga, biaya tidak cukup, takut cerai, takut pasangan berubah, dll. sebelum anda memutuskan dengan pasangan yang anda pilih, kita harus siap dan mampu mengerti paling tidak ada komunikasi dua arah dengan pasangan anda. komitmen, rencana kedepan, keinginan, hal yang disukai, hal yang tidak disukai, pembagian tugas rumah, pekerjaan dan lain sebaiknya.

4. Cari Referensi, point kali ini sangat penting kawand, kenapa? anda tidak mungkin menikah dengan bekal nol. ya karena pernikahan adalah sebuah tingkatan dalam menyempurnakan ibadah/taat kita kepada Allah SWT dan sebagai cinta kepada Rasulullah dengan mengikut sunnahnya.🙂 referensi ini didapatkan dengan tujuan bekal, ilmu pengetahuan yang mampu mengarahkan kita kedalam kebaikan. banyak cara yang dapat kita lakukan dengan cari referensi ini, salah satunya :

  • tanya teman atau keluarga. ya pastinya sebaik” guru adalah pengalaman. mereka yang lebih dulu dari kita, kita tanya. bagaimana menyiapkan mental, materi dan apa aja kiat” untuk membina rumah tangga. saya pribadi saat sebelum menikah tanya lho sama salah satu teman, pertanyaan saya simple banget. apa yg perlu saya siapkan? jawab temannya mental. karena setelah kita menikah kita akan berbagi dengan orang asing, ya walaupun kita mungkin udah kenal tapi tetap saja canggung.  biasanya tidur sama guling sekarang tiba” ada sosok makhluk yang rupawan disamping kita. biasanya tidur dengan nyenyak bisa jadi mendengar dengkuran atau tingkah amburadul pasangan kita. biasanya kita almari diisi pakaian dan koleksi” kita sekarang harus berbagi tempat dengan pasangan kita, dll.
  • banyak” googling kawand, karena anda akan mendapat berbagai informasi dan pengetahuan seputar cara menjadi istri sholehah, suami yang bertanggungjawab, membina keluarga yang sakinah mawadah warahmah, persiapan pernikahan, malam pertama, pembagian tugas dll.
  • baca” buku atau e-book tentang kisah” inspirasi rumah tangga sobat, tuntunan doa-doa, sunnah rosul, dan kajian islam lainnya.

5. Berdoa dan Bersabar,  point terakhir ini point harapan tapi penentu. yapz,,, berdoalah kepada sang pemilik dan sang penentu Allah SWT agar pasangan anda pasangan yang mampu membuat anda nyaman, tenang, bahagia, dan pasangan di dunia dan akherat. semoga dijadikan keluarga yang sakinah mawadah warahmah dan diberikan keturunan yang taat kepada Allah SWT.

 

_just share, tidak berniat menggurui atau apapun, hanya berbagi sedikit pengalaman. “sebaik-baik manusia adalah manusia yg bermanfaat kepada sesama”.

semoga bermanfaat ya kawandku semua,,, ingat “anda tidak akan miskin dengan menikah, bahkan sebaliknya pintu rezeki dan rahmat akan dibuka berkali lipat oleh Allah karena keridhaan-Nya”… Sooo jangan takut N.I.K.A.H yaaa….🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s