Tips Bimbingan Ke Dosen Pembimbing Saat Skripsi

Hay kawand,,, kali ini saya akan memberikan sedikit tips saat bimbingan skripsi kepada dosen pembimbing. Dosen pembimbing bertugas untuk membimbing, mengarahkan, memberikan masukan agar kita dapat menyelesaikan penilitian sesuai dengan rumusan dan tujuan. Kita mengetahui bahwa kadang kala dosen pembimbing kita sulit untuk memahami maksut dan konsep dari skripsi kita. Berbeda pemikiran sangatlah wajar kawand, karena pembimbing pengalamannya lebih di banding kita. Namun, ada baiknya seorang pembimbing juga mau mendengarkan penjelasan kita…

Ada beberapa teman, kalau bimbingan pasti mengeluh ini itu. “Dosennya yang nggak asyik? nggak paham? nggak ACC? rubah konsep lagi? revisi lagi? killer minta ini itu lah?”. STOP berfikir NEGATIVE kawand. jika kalian mengalami hal tersebut, kalian ambil positifnya. Segala sesuatu membutuhkan proses dan waktu, begitu juga bimbingan skripsi. “mau kita cepet selesai, cepet lulus.” jangan terburu-buru kawand, sambil menunggu lulus. Siapkan dulu mental kalian sebelum mengenal dunia kerja. Karena persaingan kita tidak hanya teman satu universitas atau satu kota. Namun dari berbagai daerah yang akan merebutkan posisi yang sama dengan kita. Maka dari itu, kita harus memiliki bekal, mental, dan kesiapan yang mampu kita berikan dalam persaingan menjadi yang terbaik dengan bakat dan keahlian yang kita miliki.

Back to topic,,, ngomongin bimbingan skripsi pasti nggak ada habisnya kawand. Oke langsung saja, saya bagi beberapa tip menurut pengalaman pribadi saya :

  • persiapkan bahan yang akan kita konsultasikan 1 hari sebelum bimbingan (paper, jurnal, print out, referensi, dll).
  • pahami konsep, agar kalian tidak kesulitan dalam menjawab pertanyaan dan menerima masukan dari dosen pembimbing.
  • datang sesuai jadwal yang ditentukan dan jangan lupa berdoa kawand. karena kekuatan doa sangat mujarab apalagi untuk niat yang positif.
  • ucapkan salam dan duduk dengan sopan, liatlah dosen pembimbing anda apakah sudah siap untuk mendengarkan sesi CURHAT SKRIPSI belum? kalau belum, tunggu beberapa saat. jika sudah, mulailah dengan membahas konsep atau revisi sebelumnya. jelaskan terlebih dahulu maksut kalian.
  • setelah itu dengarkan semua masukan dari dosen pembimbing, jangan sesekali anda memotong pembicaraannya.
  • catatlah semua masukkan dan tetaplah bersikap hormat, walaupun anda kenal akrab dengan dosen pembimbing anda.
  • jika pemikiran anda dan dosen pembimbing anda berbeda. jangan langsung menstop atau “Bu/Pak tidak begitu!”. kalian cerna terlebih dahulu apa yang dimaksutkan oleh dosen pembimbing. sekira tidak keluar dari batasan masalah dalam penelitian tersebut, bilang saja “Baik Pak/Bu, saya usahakan mencari referensi mengenai hal itu. atau Pak/Bu, saya akan memahami dan mempelajari terlebih dahulu, nanti coba saya konsultasikan lagi jika masih ada yang saya binggungkan.”
  • intinya, ketika bimbingan ambil bawahnya dari dosen pembimbing anda. jangan emosi dan sabar,,, (makanya di ancurkan berwudhu dan berdoa sebelum bimbingan agar hati dan pikiran anda tenang).
  • jika ada dosen pembimbing yang sangat-sangat susah untuk bimbingan, revisi berkali-kali dan tidak wajar. maka anda harus tetap bersungguh-sungguh dalam meluluhkan hati pembimbing kalian. perlihatkan tekat dan kesungguhan kalian untuk menyelesaikan skripsi tersebut. konsultasikan dengan pembimbing satunya agar mendapat solusi yang lebih baik dari pada harus menyerah ditengah perjuangan kita kawand.. hehehe🙂.
  • dan ketika kita selesai bimbingan. ucapkanlah “TERIMA KASIH Pak/Bu”. dua kata tersebut merupakan air yang bisa melelehkan batu. sedikit tapi bermakna. ucapan terima kasih menunjukkan bahwa kita respect terhadap pembimbing kita, dengan sikap sopan dan senyum. kalian mampu menyelesaikan skripsi tersebut dan menunjukkan bahwa masukkan dari dosen pembimbing akan memberikan wawasan tersendiri dan pengalaman hidup yang mungkin tidak didapatkan dimanapun.

So,,, sobat-sobat yang lagi skripsi dan binggung, galau, dan lain-lain. KEEP semangat… U can DO It kawand. tidak ada yang tidak mungkin, setinggi apapun gunung, buktinya ada pendaki yang mampu meraih sampai atas puncak. itu karena mereka tidak pernah berputus asa dan selalu berusaha mewujudkan mimpi mereka…

2 thoughts on “Tips Bimbingan Ke Dosen Pembimbing Saat Skripsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s