Tujuan Penetapan Harga Dalam Pemasaran

bag_of_moneyTerdapat beberapa tujuan dalam penetapan harga, yakni :

1)      Tujuan berorientasi pada laba

Asumsi teori ekonomi klasik menyatakan bahwa setiap perusahaan selalu memilih harga yang dapat menghasilkan laba paling tinggi. Dalam era persaingan global, kondisi yang dihadapi semakin kompleks dan semakin banyak variable yang berpenggaruh terhdap daya saing setiap perusahaan, sehingga tidak mungkin suatu perusahaan dapat mengetahui secara pasti tingkat harga yang dapat menghasilkan laba maksimum. Biasanya sebuah perusahaan melakukan pendekatan target laba, ada dua jenis target laba yang sering diguranakan yaitu target marjin dan target ROI (Return On Investment).

2)      Tujuan berorientasi pada volume

Selain berorientasi pada laba, ada juga perusahaan yang menetapkan harga berorientasi pada volume tertentu yang biasa dikenal dengan instilah volume pricing objective. Harga ditetapkan sedemikian rupa agar dapat mencapai target volume penjualan. Tujuan ini banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan penerbangan.

3)      Tujuan berorientasi pada citra

Citra (Image) suatu perusahaan dapat dibentuk melalui strategi penetapan harga. Perusahaan dapat menetapkan harga tinggi untuk membantuk atau mempertahankan citra prestisius. Sementara itu harga rendah dapat digunakan untuk membentuk citra nilai tertentu (Image of Value), misalnya dengan memberikan jaminan bahwa harga merupakan harga terendah pada wilayah tertentu. Pada hakekatnya, baik harga rendah maupun tinggi bertujuan untuk meningkatkan persepsi konsumen terhadap seluruh bauran produk yang ditawarkan perusahaan.

4)      Tujuan stabilitasasi harga

Dalam pasar yang konsumennya sangat sensitive terhadap harga, bila suatu perusahaan menurunkan harganya maka para pesaingnya harus menurunkan harganya pula, misalnya minyak bumi. Kondisi seperti ini mendasari terbentuknya tujuan stabilisasi harga dengan jalan menetapkan harga untuk mempertahankan hubungan yang stabil antara harga suatu perusahaan dan harga pemimpin industry (industry leader).

5)      Tujuan lainnya yakni, Harga dapat pula ditetapkan dengann tujuan mencegah masuknya pesaing, mempertahankan loyalitas pelanggan, mendukung penjualan ulang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s