Pengertian Harga Dalam Strategi Pemasaran

911641_rupiah_2Harga merupakan elemen penting dalam startegi pemasaran. Ada keterkaitan antara harga dengan strategi pemasaran, harga berinteraksi dengan seluruh elemen lainnya dalam bauran pemasaran untuk untuk menentukan efektivitas dari setiap elemen. Tujuan yang menuntun strategi pemasaran secara keseluruhan. Oleh karena itu, tidaklah benar bila harga dipandang sebagai elemen yang mandiri dari bauran pemasaran karena harga itu sendiri adalah elemen sentral dalam bauran pemasaran.

Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan. Dari sudut pemasaran, harga merupakan satuan ukuran (termasuk barang dan jasa lainnya) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan suatu barang atau jasa tersebut. Pengertian ini sejalan dengan konsep pertukaran (exchange) dalam pemasaran.

Harga merupakan komponen yang berpenggaruh langsung terhadap laba perusahaan. Tingkat harga yang ditetapkan mempengaruhi kuantitas barang yang dijual. Selain itu secara tidak langsung harga juga mempengaruhi biaya, karena kuantitas yang terjual berpengaruh pada biaya yang ditimbulkan dalam kaitannya dengan efesiensi produk. Oleh karena nitu penetapan harga mempengaruhi total pendapatan dan biaya.

Dari sudut konsumen, harga seringkali digunakan sebagai indikator  nilai bilamana harga tersebut  dihubungkan dengan manfaat yang dirasakan atas suatu barang atau jasa. Dalam penentuan nilai suatu barang atau jasa, konsumen membandingkan kemampuan dan kualitas suatu barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhannya. Harga memiliki dua peranan utama dalam proses pengambilan keputusan para pembeli, yakni :

  1. Peranan alokasi

Perananan ini adalah fungsi harga dalam membantu para pembeli untuk memutuskan cara memperoleh manfaat atau utilitas tertinggi yang diharapkan berdasarkan kekuatan membelinya. Pembeli membandingkan harga dari berbagai alternative yang tersedia, kemudian memutuskan alokasi dana yang dikehendaki.

  1. Peranan informasi

Peranan informasi dari harga adalah fungsi harga dalam membidik konsumen mengenai factor produk, misalnya kualitas. Hal ini terutama bermanfaat dalam situasi dimana pembeli mengalami kesulitan untuk menilai factor produk atau manfaatnya secara objektif. Presepsi yang sering berlaku adalah bahwa harga yang mahal mencerminkan kualitas yang tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s