Resume Paper 6 Skripsi Informatika

Implementasi dan Pengukuran Performansi Video Conference Menggunakan Asterisk Berbasis Protocol SIP

Oleh Ramadhoni Asrima Putra

Local area network (LAN) merupakan jaringan computer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan computer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000Mbit/s. selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b atau disebut dengan wi-fi sering digunakan untuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi wi-fi bias disebut dengan hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau computer mempunyai daya komputasi sendiri. Setiap computer juda dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.

Server asterisk

Asterisk adalah aplikasi open source PBX (private branche exchange) yang memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon regular maupun telepon berbasis softphone. Dalam sebuah PBX setiap telepon umumnya di konfigurasi sebagai sebuah eksistensi, namun menggunakan fitur yang disediakan pesawat dengan lokasi fisik tertentu. Dengan demikian pengguna dapat memliki ekstensi atau pesawat dimana saja dipermukaan bumi asalkan tersambung ke internet, dan selama ia memiliki data yang terkonfigurasi baik di salah satu server tersambung internet. Seperti sebuah sistem PBX regular, asterisk memiliki fitur seperti : voicemail. Conferencing, call distribution dan banyak yang lainnnya. Lebih dari itu, ia dapat dikonfigurasi dan di konstumisasi sesuai dengan dial plan yang diinginkan. Karena fleksibilitas dan open source, relative mudah digabungkan dengan banyakk aplikasi seperti CRM dan lain sebaigainya.

Asterisk merupakan solusi solusi software telepon dan video yang kaya akan fitur. Beberapa fitur yang banyak dimiliki oleh sistem proprietary PBX besar lainnya seperti voice mail, conference bridging, call queuing, dan call detail record sudah dimiliki oleh asterisk. Beberapa fitur lainnya yang dimiliki asterisk diantaranya :

  1. Memiliki banyak fitur panggilan
  2. Integrasi yang baik antara computer dengan telepon
  3. Memiliki skabilitas yang tinggi
  4. Mendukung banyak codec
  5. Mendukung banyak protocol video conference (IAX, SIP, H323, MGCP dan SCCP)
  6. Interoperabilitas yang baik dengan jaringan telepon tradisional
  7. Mendukung PRI protocol

Protocol SIP

SIP (Session Initialitation Protocol) adalah suatu protocol yang dikeluarkan oleh group yang tergabung ddalam multiparty multimedia session control (MMUSIC) yang berada dalam organisasi internet engineering task force (IETF) yang di dokumentasikan ke dalam dokumen request dor command pada bulan maret 1999. SIP merupakan protocol yang berada pada layer aplikasi yang mendefinisikan proses awal, pengubahan dan pengakiran suatu sesi komunikasi multimedia. Sesi komunikasi ini termasuk hubungan multimedia, distance learning, dan aplikasi lainnya.

Codec H263

H263 dipu blikasilan internasional telecommunication union (ITU) untuk mendukung aplikasi konferensi videoberkecepatan rendah mulai dari 20 sampai 30 Kbps keata. H2263 merupkaan standar kompresi video yang sering digunakan dalam konferensi video melalui internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s