Resume Paper 3 Skripsi Informatika

Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis  Pada Minimarket Mentari Dengan Metode Hybrid-Dimension Association Rules

Oleh Ira Purnama Sari

 

Data mining

Data mining membantu perusahaan untuk mendapatkan pola dari data-data yang tersimpan didalam basis data perusahaan. Pengetahuan yang diperoleh tersebut akan menjadi pedoman dalam mengambil tindakan-tindakan bisnis sebagai upaya pemeliharaan dan peningkatkan tingkat kompotetif  bisnis perusahaan. Walaupun sudah banyak perangkat lunak yang menawarkan kemampuan dalam proses data mining, keterlibatan manusia sangat dibutuhkan dalam setiap fase proses data mining itu sendiri. Pemahaman terhadap model statistic dan matematik yang digunakan dalam perangkat lunak sangat dituntut.

Terdapat beberapa pengertian yang berkaitan dengan data mining dianataranya adalah :

  • Data mining merupakan suatu proses pencarian pola dari data-data dengan jumlah yang sangat banyak yang tersimpan dalam suatu tempat penyimpanan dengan menggunkan teknologi pengenal pola, teknik statistic, dan matematik. (Gartner Group).
  • Data mining adalah suatu proses untuk menemukan interesting knowledge dari sejumlah data yang sangat besar yang disimpan dalam database, data warehouse, atau media penyimpanan yang lainnya. (Han, Kember, 2001)
  • Data mining adalah ekstraksi informasi atau pola yang penting atau menarik dari data yang ada di database yang besar. Data mining merupakan bagian dari proses knowledge discovery in database (KDD).

Market basket analysis

Market basket analysis adalah proses yang menganalisa kebiasaan pembeli dengan menemukan hubungan antara barang yang berbeda pada keranjang balanja (market basket) mereka. Penemuan hubungan tersebut dapat membantu penjual untuk mengembangkan strategi penjualan dengan mempertimbangkan barang yang sering dibeli bersamaan oleh pelanggan. Sebagai contoh, bila pembeli membeli tepung, seberapa besar kemungkinan mereka juga akan membeli gula pada transaksi yang sama (Olsom, Yong, 2006). Informasi seperti itu kaan membantu penjual untuk meningkatkan angka penjualan.

Association rules

Association rules adalah suatu prosedur yang mencari hubungan atau relasi antar item satu dengan item yang lainnya dari suatu basis data  transaksi. Program data mining dengan association rule bertujuan menemukan informasi item-item yang saling berhubungan dalam bentuk rule, dengan demikian association  rule paling tepat diterapkan pada market basket analysis. Association rule biasanya menggunakan “if A then B and C”, hal ini menunjukkan jika A maka B dan C. Dalam menentukan association rule perlu ditentukan support dan confidence untuk membatasi apakah rule tersebut interesting atau tidak (han, Kamber, 2001). Sebagai contoh : konsumen yang biasanya membeli roti tawar juga membeli keju ditunjukkan sebagai berikut  : roti tawar à keju. {support=2%, confidence=60%}

Dalam pencarian association rule, diperlukan sebuah variable ukuran yang dapat ditentukan oleh user untuk mengatur batasan sejauh mana dan sebanyak apa hasil output yang diinginkan oleh user.

Support dan confidence adalah dua ukuran kepercayaan yang menunjukkan kepastian dan tingkat kegunaan suatu rule yang ditemukan. Support 2% diatas menunjukkan bahwa roti tawar dan keju dibeli secara bersamaan. Confidence 60% menunjukkan bahwa 60% dari pembeli yang membeli roti tawar juga pasti membeli keju tersebut. Pada umumnya association rule yang ditemukan dikatakan baik minimum support maupun minimum confidence yang telah ditentukan oleh user. Secara sederhana perhitungan untuk mendapatkan support dan confidence dapat dijelaskan sebagai berikut :

Support (AàB) = Jumlah tuples yang mengandung A dan B

Confidence (AàB) = jumlah tuples yang mengandung A dan B / jumlah tuples yang mengandung A

keterangan :

  • Tuples adalah jumlah transaksi
  • A dan B adalah nama item

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s