Resume Paper 2 Skripsi Informatika

Enkripsi Short Message Service (SMS) Menggunakan Algoritma El-Gamal Elliptic Curve Cryptography (ECC)

Oleh M. affan fauzi

 

Algoritma ECC (Elliptic Curve Cryptography) termasuk kedalam sistem kriptografi kunci public yang mendasarkan keamanannya pada permasalahan matematis kurva eliptik. Algoritma ECC ini digunakan untuk proses generate key. Metode ini dipilih karena pemecahan keynya yang cukup sulit sehingga akan lebih aman. Tidak seperti permasalahan matematis logaritma diskrit dan pemfaktoran bilangan bulat, tidak ada algoritma waktu subeksponensial yang diketahui untuk memecahkan permasalahan matematis logaritma diskrit kurva eliptik. Karena alas an tersebut, algoritma kriptografi kurva eliptik mempunyai keuntungan jika dibandingkan dengan algoritma kunci public lainnya yaitu dalam ukuran panjang kunci yang lebih pendek tetapi memiliki tingkat keamanan yang sama.

Ada tiga protocol ECDLP yang diketahui saat ini yaitu elliptic curve digital signature algorithm (ECDSA), elliptic curve diffie hellman (ECDH) dan elliptic curve elgamal (ECElgamal). ECC merupakan salah satu pendekatan algoritma kriptografi kunci publik berdasarkan pada struktur aljabar dari kurva ellips pada daerah finite.

Penggunaan kurva ellipps dalam kriptografi dicetus oleh neal koblitz dan Victor Miller pada tahun 1985. Kurva elip juga digunakan pada beberapa algoritma pemfaktoran integer yang juga memiliki aplikasinya dalam kriptografi, seperti lenstra ellipstic curve  factorization. Algoritma kunci public berdasarkan variasi perhitunan matematis yang terbilang sangat sulit dipecahkan tanpa ilmu pengetahuan tertentu mengenai bagaimana perhitungan tersebut dibuat. Permbuatan algoritma penyimpanan kunci private dan menyebarkan kunci publiknya. Algoritma kunci public digunakan untuk mengenkripsi pesan dimana hanya pembuat algoritma yang dapat memecahkannya. Sistem kunci public awal, seperti algoritma RSA menggunakan dua bilangan prima random yang besar sebagai kunci privatenya, dan mempublikasikan hasil dari perhitungannya sebagai kunci public. Pemfaktoran bilangan besar yang sangat sulit dapat menjaga kerahasiaan kunci private dari public. Persoalan lain menyangkut perhitungan aljabar ab=c, dimana a dan c diketehui. Perhitungan semacam itu menyangkut bilangan kompleks atau real yang dapat dengan mudah dipecahkan menggunakan logaritma. Tetapi dalam kumpulangan bilangan finite yang besar, menemukan sokusi untuk perhitungan semaca itu sangat sulit dan dikenal sebagai “discrate logarithm problem”.

One thought on “Resume Paper 2 Skripsi Informatika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s