Definisi Product & project yang sukses

Projek yang sukses adalah ketepatan dalam pengerjaannya dan kesesuaian dana yang tepat. Dan dalam kesuksesan tersebut harus di lengkapi juga dengan performance sistem serta mengandung apa yang diinginkan oleh user. Sedangkan produk yang sukses, adalah produk yang bisa memuaskan user baik dari penggunaan dan segi fungsinya. Dan dalam menentukan projek yang sukses tersebut bisa di simpulkan.

Kesuksesan projek = kesuksesan manajemen projek + kesuksesan produk yang di hasilkan

Jadi dalam sebuah projek tersebut bisa di katakana semua kesuksesan itu terjadi ketika di dalam perjalanan sebuah projek mempunyai manajemen yang baik dan produk yang tepat. Jadi ada kaitan yang sangat terjalin antara suksesnya manajemen dan product tersebut.

Adapun keberhasilan dan ketidak berhasilan  sebuah projek tersebut bisa di sebabkan oleh beberapa faktor, adapun faktor 2 tersebut adalah :

  1. Gantinya pemimpin proyek
  2. Project manager mensupport waktu yang panjang
  3. Staff mendapat hadiah untuk waktu yang lama (lembur)
  4. Menggunakan metode dan kebutuhan yang lebih spesifik
  5. Menyelesaikan keakuratan kebutuhan dari awal
  6. Mendapatkan waktu yang cukup sesuai dengan kebutuhan proyek
  7. Tujuan proyek di jelaskan dengan baik
  8. Menambah anggota untuk memaksimalkan waktu
  9. Komitmen dan bantuan dari user
  10. Projek manager yang berpengalaman
  11. Projek manager yang paham akan masalah costumer
  12. Costumer ikut campur dalam projek
  13. Identifikasi masalah di awal proyek
  14. Jadwal yang tepat.

Dari beberapa faktor diatas tidak menutup kemungkinan semua faktor akan terjadi pada sebuah projek, tetapi sebagian dari faktor di atas pasti akan terjadi pada pengerjaan sebuah projek, akan lebih baik harus berjaga – jaga untuk mengatasi permasalahan di atas. Seorang projek manager harus bisa mengontrol sebuah proyek supaya semuanya berjalan dengan lancar. Projek manager juga harus mengerti akan kebutuhan team, mulai dari kebutuhan keuangan pada waktu di laksanaannya lembur ataupun puasnya hasil kerja pada team tersebut.

Adapun untuk team proyek juga harus peka dalam masalah pembuatan proyek tersebut, jangan terlalu memandang semua permasalahan dengan memikirkan jangka panjang, sehingga dengan semuanya baik, sebuah proyek akan tepat waktu dan costumer puas akan produk dari proyek tersebut.

Adapun dalam pengerjaannya ada beberapa faktor penting yang harus di perhatikan yaitu adalah :

1. Jadwal yang bagus

Maksudnya disini adalah proyek tersebut harus membuat TIME yang tersusun rapi sesuai dengan job disc yang telah di siapkan, dan harus tepat waktu.

2. Hubungan antar anggota proyek

Hubungan antara 1 job disc dan yang lainnya tidak boleh terputus, walaupun beda tugas, ini untuk mengatasi kesenjangan social dan tidak mengganggu lancarnya proyek tersebut.

3. Estimasi yang baik

Estimasi dana yang telah di bagi secara transparan dengan membuat persetujuan kepada semua anggota team.

4. Projek manager yang bagus

Memilih projek manager yang peka terhadap pengerjaan sebuah proyek, dengan kepekaan tersebut, akan menghasilkan proyek yang baik pula.

5. Memahami masalah costumer

Memahami masalah yang ada pada kostumer jika terjadi complain, harus di lakukan sesuai keinginan kostumer.

6. Kebutuhan yang terencana

Kebutuhan dari proyek juga harus terdata dan terencana, supaya tanggap jika kebutuhan tersebut di gunakan.

7. Qualitas software yang bagus

Mendesain dan membuat qualitas software yang bagus dengan membuat yang terbaik dalam sebuah proyek tersebut.

8. Kepuasan konsumen

Setelah menghasilkan proyek harus memperhatikan kepuasan pelanggan, jika belum puas, proyek tersebut harus terus di kerjakan sampai konsumen tersebut puas.

9. Kepuasan team proyek

Kepuasan dalam pengerjaaan oleh team proyek tersebut, mulai dari gaji, waktu dan sebagainya, sehingga dalam pengerjaan mendapatkan hasil yang maksimal pula.

10. Produk berjalan dengan memuaskan.

Hasil dari proyek tersebut harus berjalan dengan memuaskan, tidak boleh ada lagi permasalahan yang terjadi, agar costumer mendapatkan yang sesuai dengan yang diinginkannya.

Jadi beberapa proyek itu tergantung jenis industrinya, apakah industry keuangan, konsultasi ataupun industry telekomunikasi. Semuanya tergantung dari kebutuhan industry tersebut untuk membuat proyek tersebut berhasil dan menghasilkan product yang berjalan dengan baik, Misalnya pada  sebuah proyek industry telekomunikasi, 80 % keberhasilan industry tersebut adalah mengontrol hubungan antara costumer dan supplier, tidak seperti industry consultant, yang harus memperhatikan costumer dan financial industry yang selalu menjadikan costumer itu untuk mendapatkan proyek yang berhasil.

Hasil / produk dari sebuah proyek harus menghasilkan Qualitas Produk yang bagus, dengan kata lain bahwa produk dengan qualitas yang bagus adalah produk yang memuaskan pelanggan, jalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan costumer. Dengan menghasilkan qualitas produk yang baik ini, bisa di pastikan sebuah proyek tersebut sukses dalam mengerjakan tugasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s