Kunci Menuju Sukses dengan ” Pribadi T-ten”

Mengapa saya mengatakan T-ten karena dengan huruf T-ten anda akan mengerti seperti apa sukses itu? Dan bagaimana meraihnya? Seseorang biasanya ingin cepat sukses tanpa jembatan apapun, dia berani melompat tinggi tapi tak memikirkan resiko atau akibatnya di kemudian hari. Teman-teman, siapa sih yang tidak ingin sukses? Ya kalau bisa sukses dunia dan akherat.  Saya pernah berbincang dengan seseorang, beliau direktur dari perusahaan di bidang pariwisata. Beliau bilang bahwa sukses tidak akan kita dapat jika kita tidak tau jalan menuju kesana. Teman-teman apa kalian mengerti maksutnya? Ya tepat sekali, setiap keberhasilan pasti memiliki kunci pembuka untuk menuju kesana. Sama halnya dengan setiap rumah memiliki kunci rumah, kunci almari, kunci meja, dll. Begitupun sukses juga memiliki kunci yakni kerja keras.

Jangan harap dengan bermalas-masalasan, kita akan meraih itu yang namanya sukses. Kita mungkin kawand, karena apa kembali lagi ke firman Allah: “Allah tak akan merubah nasib umatnya, sebelum mereka sendiri yang merubahnya.”  Seorang guru besarku pernah bilang, kalau kamu sungguh-sungguh melakukan sesuatu dan yakin itu kehendak-Nya, coba…teruskan… jangan ragu… hadapi tantangan…

Dari beberapa penjelasan di atas bahwa ada kunci atau pribadi sukses itu apa saja. ? T-ten kata orang jawa adalah ileng-ileng. Jadi kawand, tolong di ingat-ingat ya…. Saya akan menjelaskan sedikit menurut saya dan pengalaman yang pernah saya coba, walaupun saya belum sukses sepenuhnya namun saya yakin bahwa hal-hal dibawah ini akan menunjang keberhasilan dan kesuksesan seseorang selama dia istiqomah, yakni:

T yang pertama, “TEKAT”

Tekat adalah sebuah awalan, niat bismillahirrohmanirrohim  semoga sukses dunia akherat dan berikanlah kemudahan-Mu ya Allah. Amin. Berbicara tentang tekat berbicara tentang hati. Tekat Anda apa? Ya bisa dikatan visi misi lah, agar anda punya tujuan dan semangat dalam meraih tujuan yang anda harapkan tersebut. Misalnya saja anda ingin sukses dengan bahagia dan agar membawa berkah. Kalau begitu tujuannya, maka anda akan menjaga diri dari dholim, suap-menyuap, dll.

T yang kedua, “TARGET”

Setelah anda mengetahui tekat anda, maka selanjutnya buatlah target untuk meraih kesuksesan anda. Target itu ada halnya tepat kadang juga meleset, tergantung usaha kita. Misal andamentargetkan 85% saya harus sukses. Karena dengan adanya target, anda akan memange waktu dengan sebaik mungkin untuk mencapai target tersebut agar tidak meleset. Bagus sekali jika anda bisa melebihi target yang anda tentukan dengan usaha yang maksimal.

T yang ketiga, “TERENCANA”

Jika target sudah anda buat, maka susun rencana-rencana anda. Dengan adanya agenda kegiatan yang terencana maka anda akan lebih mudah dalam mengakses kemampuan dan waktu anda.  Dengan demikian sesuatu yang terencana akan menambah plus karena kegiatan anda rapi, tertib dan anda tak akan binggung apa saja yang harus anda lakukan.  

T yang keempat , “TEKUN”

Dengan rencana yang ada, maka anda harus tekun melakukan agenda yang sudah anda rencanakan. Tekun itu melaksanakan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan terus menurus. Jangan mudah menyerah, seperti kata orang jawa : wong temen bakal nemu. Diterjemahkan ke basaha Indonesia yakni: orang yang benar-benar tekun maka akan terwujud keinginannya.

T yang kelima, “TERAMPIL”

Tidak hanya tekun dan terencana, namun juga harus terampil dalam bertindak, mengambil keputusan, dan juga terampil menyiasati setiap cela keberhasilan yang ada. Misalnya saja, anda melakukan kegiatan di bidang anda, karena anda jenuh maka anda melakukan kegiatan di luar bidang anda. Itu juga bisa di sebut terampil, karena orang terampil itu banyak akal, ide, dan tidak bisa diam. Dia akan berusaha melakukan sesuatu dengan menggunakan waktu yang ada untuk kegiatan positif.

T yang keenam, “TEMAN”

Sebuah jalinan teman atau disebut juga relasi. Orang sukses seperti tidak bisa jika dia harus sendiri. Terkadang butuh kerjasama group, teamwork dan lain sebagainya. Kita harus punya relasi untuk mempermudah kita menuju sukses. Kita bisa share pengtahuan dan pengalaman dari mereka yang mungkin sudah lebih dulu mendahului kita untuk sukses.

T yang ketujuh, “TANGGUNG JAWAB”

Dalam setiap kesempatan melakukan kegiatan, kita harus bertanggung jawab, berani mengambil resiko. Bertanggung jawab maknanya sangat luas, mulai dari tanggungjawab diri sendiri, teman, kerjasama, kegiatan, resiko dan semuanya. Orang yang bertanggung jawab akan lebih mudah menghadapi segala tantangan yang ada kedepannya.

T yang kedelapan, “TEGAR / TANGGUH”

Tegar juga dibutuhkan dalam meraih kesuksesan kita. Karena orang yang tegar dan tangguh tidak akan mudah menyerah dan berani berdiri untuk menuju kesuksesan. Dalam meraih sebuah kesuksesan terkadang banyak rintangan, tidak mudah untuk langsung kita berada di atas. Kita butuh waktu dan proses, setahap demi setahap karena dengan demikian kita bisa merasakan perjuangan dan pengorbanan.  Dan kita akan merasa bahagia saat meraihnya dengan perjuangan kita sendiri. Saya pernah bilang pembina organisasi saat saya di SMK, beliau pernah bialang: “Semakin tinggi layang-layang, semakin kencang anginnya.” Maka dari itu, anda membutuhkan taqwa sebagai penguat hati seperti tahap selnjutnya.

T yang kesembilan, “TAQWA”

Untuk T kali ini, hubungan kita dengan sang kholiq.  Untuk mempertebal keyakinan kita atas kehendah sang ilahi. Kita ingin sukses namun jika sang kholiq tidak menghendaki untuk hal tersebut, Itu semua akan mustahil jadinya.  Kita harus tetap berdoa dan yakin bahwa harapan kita dan usaha kita berdampak positif, bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Dengan keimanan kita, maka kita bukan hanya menjadi seorang probadi sukses yang tegar namun tangguh dimata manusia dan di mata ALLAH SWT.

T yang kesepuluh, “TAWAKAL”

Dan yang terakhir adalah tawakal yakni berserah diri kepada ALLAH SWT. Setelah kita berusaha maksimal dengan upaya dan kegiatan serta T-nine  di atas insyaAllah tawakal kita akan berguna. Kita lihat seberapa besar Allah meridhoinya dan menghendakinya.  Kita tinggal melihat output atau hasil berapa persen keberhasilan dan kesuksesan yang kita raih. Samakah dengan target anda???

Oke kawand. Cukup T10 atau T-ten saja yang bisa saya bagikan dan insyaAllah bermanfaat jika anda mau menjalaninya dengan sungguh-sungguh, maka kesuksesan ada di hadapan Anda. Selamat mencoba, dan semoga sukses. Jika memang anda ingin share atau berbincang dengan saya, saya akan terima dengan tangan terbuka melalui email saya atau YM. Terima kasih.

2 thoughts on “Kunci Menuju Sukses dengan ” Pribadi T-ten”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s