Perbedaan Kompilasi dengan Translasi

Kompilasi

Kompilasi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana agar bisa merancang dan membuat bahasa pemrograman, suatu proses mengabungkan serta menterjemahkan sesuatu (source program) menjadi bentuk lain. Kompilasi juga bisa di artikan sebagai proses penerjemahan yang dikerjakan oleh kompilator. Proses kompilasi dari suatu kompilator ini dibagi menjadi 2 yaitu analisis program dan sintasis.

  • Tahap analisis program yang ditulis dalam bahasa sumber dibagi dan dipecah menjadi beberapa bagian selanjutnya ditampilkan menjadi suatu tampilan yang dihubungkan dari sumber program. Langkah – langkah yang dijalankan oleh sumber program ditentukan dan dicatat dalam suatu struktur pohon (tree) yang disebut  pohon sintaks (sintax tree). Di setiap nodal pada tree tersebut menunjukkan suatu langkah, sedangkan anak dari nodal (titik) tersebut memberikan argumen yang dibutuhkan.
  • Tahap sintesis yang selanjutnya program sasaran dibuat berdasarkan representasi antara yang didapatkan pada tahap analisis.

 

Translator

Translator adalah suatu program yang mengambil input sebuah program yang ditulis pada satu bahasa program (source language) ke dalam bahasa lain (the object on target language). Bila source language adalah high level language, misalnya cobol, pascal, fortran dan object language adalah low – level language atau mesin language, maka translator seperti ini bisa dibilang compiler. Proses perubahan dari source program menjadi object program melewati suatu translator yaitu compiler atau interpreter, walaupun berbeda pada proses menterjemahkan tetapi fungsi dari interpreter dan compiler sama

 Kesimpulan

Jadi bedanya antara Kompilasi dan Translator adalah jika kompilasi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana bisa merancang dan membuat bahasa pemograman ataupun juga suatu proses mengabungkan juga menterjemahkan sesuatu (source program) menjadi bentuk lain, sedangkan taranslator adalah programnya yang digunakan mengambil inputan sebuah program yang ditulis pada satu bahasa program (source language) ke dalam bahasa lain (the object on target language).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s