Contoh Script Hangman dengan Java

Seperti judulnya, maka saya akan menulis tentang coding java yang berfungsi layaknya game hangman atau tebak kata. Game ini menggunakan java GUI (graphic user interface) dimana penggunakan JOptionPane sebagai perantara GUI. Dalam game tersebut terdiri dari beberapa level atau tingkatan, dalam permainan biasanya disebut dengan babak. Ketika anda menjalankan coding di bawah ini akan tau outputnya.

import javax.swing.JOptionPane;

public class hang {

    public int level=1;

    public int kesempatan=3;

    public int score=0;

    public void level1(){

    while(true){

    String input=JOptionPane.showInputDialog(null,”—-SELAMAT DATANG DI GAME HANGMAN—\n level= “+level

            +” kesempatan= “+kesempatan+” score= “+score

            +”\n\nBagian terpenting dari komputer: \n__ __ __”);

    if (level==1){

    String a=”CPU”;

    if(input.equals(a)){

        level=level+1;

        score=score+10;

        JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda benar”);

        level2();

    }

    else{

        kesempatan = kesempatan-1;

        JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda salah”);

        if(kesempatan ==0){

        JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda KALAH”);

        System.exit(0);

        }

       }

      }

     }

    }

        public void level2(){

        kesempatan=3;

        while(true){

 String input=JOptionPane.showInputDialog(null,”—-SELAMAT DATANG DI GAME HANGMAN—\n level= “+level

            +” kesempatan= “+kesempatan+” score= “+score

            +”\n\nTombol terpenting dalam komputer: \n__ __ __ __ __”);

    if (level==2){

    String a=”power”;

    if(input.equals(a)){

        level=level+1;

        score=score+20;

        JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda Benar”);

        level3();

    }

    else{

        kesempatan = kesempatan-1;

    JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda salah”);

    if(kesempatan ==0){

    JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda KALAH”);

    System.exit(0);

    }

    }

    }

    }

    }

    public void level3(){

    kesempatan=3;

     while(true){

 String input=JOptionPane.showInputDialog(null,”—-SELAMAT DATANG DI GAME HANGMAN—\n level= “+level

            +” kesempatan= “+kesempatan+” score= “+score

            +”\n\nPerintah untuk me-nonaktifkan item pada komputer : \n__ __ __ __ __ __ __”);

    if (level==3){

    String a=”Disable”;

    if(input.equalsIgnoreCase(a)){

        level=level+1;

        score=score+30;

        JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda Benar”);

        level4();

    }

    else{

        kesempatan = kesempatan-1;

    JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda salah”);

    if(kesempatan ==0){

    JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda KALAH”);

    System.exit(0);

    }

    }

    }

    }

    }

     public void level4(){

     kesempatan=3;

     while(true){

 String input=JOptionPane.showInputDialog(null,”—-SELAMAT DATANG DI GAME HANGMAN—\n level= “+level

            +” kesempatan= “+kesempatan+” score= “+score

            +”\n\nTampilan pada sebuah program: \n__ __ __ __ __ __ __ __ __”);

    if (level==4){

    String a=”Interface”;

    if(input.equalsIgnoreCase(a)){

        level=level+1;

        score=score+40;

        JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda Benar”);

        level5();

    }

    else{

        kesempatan = kesempatan-1;

    JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda salah”);

    if(kesempatan ==0){

    JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda KALAH”);

    System.exit(0);

    }

    }

    }

    }

    }

     public void level5(){

     kesempatan=3;

      while(true){

 String input=JOptionPane.showInputDialog(null,”—-SELAMAT DATANG DI GAME HANGMAN—\n level= “+level

            +” kesempatan= “+kesempatan+” score= “+score

            +”\n\nSalah satu chip yg menghubungkan\nprocessor ke memory system dan bus: \n__ __ __ __ __ __ __ __ __ __ __”);

    if (level==5){

    String a=”northbridge”;

    if(input.equalsIgnoreCase(a)){

        level=level+1;

        score=score+50;

        JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda Benar”);

        menang();

    }

    else{

        kesempatan = kesempatan-1;

    JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda salah”);

    if(kesempatan ==0){

    JOptionPane.showMessageDialog(null,”Anda KALAH”);

    System.exit(0);

    }

    }

    }

    }

    }

    public void menang(){

   JOptionPane.showMessageDialog(null, “—GOOOOD JOB… \nHight Score “+score+”\nU’RE THE WINNER”);

        System.exit(0);

        }

        public static void main(String args[]){

        hang a= new hang();

        a.level1();

        }

}

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s