Bagian-bagian Alat Reproduksi Perempuan

Alat reproduksi perempuan Apa yang di sebut dengan alat reproduksi perempuan? Reproduksi adalah proses melanjutkan keturunan. Alat reproduksi perempuan terdiri dari bagian luar dan bagian dalam (tidak terlihat karena terletak dirongga panggul). Alat reproduksi bagian dalam terdiri dari:

1.  Vagina, merupakan jalan keluar bagi darah haid, dan jalan keluar waktu bayi lahir (bersifat sangat lentur sehingga bayi dapat keluar melalui vagina).

2.  Leher rahim / cervix, merupakan penghubung antara vagina dan rahim .

3.  Rahim / Uterus, tempat dimana sel telur yang dibuahi tumbuh di rahim selama kehamilan. Kalau telur tidak buahi, maka sel telur menempel ke dinding rahim, selanjutnya dinding rahim menebal lalu luruh dan mengalir keluar melalui saluran vagina dalam bentuk darah. Inilah yang disebut haid / menstruasi.

4. Saluran telur / tuba falopii, berupa dua salauran yang terletak sebelah kanan dan kiri rahim, berfungsi sebagai penghubung rongga rahim dan indung telur.

5. Dua buah indung telur / ovarium, berfungsi memproduksi sel telur dan hormon perempuan yaitu estroge dan progesterone. Atas pengaruh hormon satu sampai du sel telur masak setiap bulan lalu di lepaskan ke dinding rahim. Dinding rahim menebal yang sebetulnya berguna bagi tempat sel telur bersarang setelah di buahi.

Lalu, apakah tanda-tanda kematangan alat reproduksi perempuan? Yakni ditandai dengan terjadinya haid pertamayang disebut menarche. Ada pula yang menyebut bahwa perepuan itu sudah baligh, yang biasanya dimulai sekitar umur 9-12 tahun.

Jika anda sudah mengalami manarche, berarti tubuh anda sudah menghasilkan sel telur yang dapat di buahi sperma yang dihasilkan oleh tubuh laki-laki. Dengan demikian bila terjadi hubungan sekseual, walaupun hanya sekali memungkinkan terjadinya kehamilan. Perlu anda ketahui, bahwa kehamilan dapat terjadi tanpa masuknya penis laki-laki ke dalam vagina perempuan, misalnya dengan cara berpacaran yang berlebihan sehingga sperma laki-laki yang biasanya menyemprot keluar berhasil masuk ke dalam vagina perempuan.

Haid merupakan luruhnya lapisan dinding dalam rahim yang banyak mengandung pembuluh darah, sehingga hadi pada perempuan ditandai pleh keluarnya darah dari kemaluannya. Peristiwa ini berlangsung 3-7 hari. Haid terjadi secara teratur setiap bulan disebut siklus haid. Namun jarak satu haid dengan haid bulan berikutnya tidak sama untuk setiap remaja perempuan. Biasanya terjadi 28 hari ada yang kurang ada yang lebih, sebut saja 21-35 hari jaraknya. Sekarang, apa saja yang perlu di perhatikan remaja perempuan kalau sedang haid? Pada saat haid dinding rahim mudah mengalami infeksi, bila bakteri memasuki vagina. Akibat infeksi dapat menyebabkan penyakit yang merusak sistem reproduksi. Oleh karena itu, menjaga kebersihan selama haid berlangsung dengan manganti pembalut 3x sehari, mandi dan membasuh kemaluan dengan air bersih. Selama haid pada beberapa ramaja perempuan timbul rasa nyeri pada pinggang atau panggul, hal ini disebabkan peregangan otot rahim. Pada saat haid sebaiknya minum tablet zat besi 1×1 tablet/hari selama 10 hari karena banyak mengeluarkan darah. Makanya biasa remaja perempuan saat mengalami haid merasakan lemas dan malas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s